Rabu, 21 Januari 2015

Adab Membaca Al-Qur'an


Adab/Tata Cara Membaca Al-Qur’an


Assalamu’alaikum para sahabat Si Bocah. Pada kesempatan yang beik ini, Si Bocah akan sedikit berbagi ilmu kepada temen-temen tentang adab/tata cara membaca Al-Qur’an. Artikel ini, sebelumnya pernah dimuat pada https://tamanpendidikanalquran.wordpress.com/2012/06/ 27/adab-tata-cara-membaca-al-quran/ Seperti yang kita tahu fren, Al-Qur’an merupakan Kalam Allah, kitab suci agama Islam yang dijunjung tinggi oleh umat Islam karena berisikan pedoman hidup bagi seluruh umat manusia di alam ini. Karena sangat dimulyakannya Al-Qur’an, maka dari itu, membaca Al-Qur’an juga tidak boleh sembarangan sesuka hati kita. Membaca Al-Qur’an harus diikuti dengan adab yang baik dan memulyakan Al-Qur’an. Nah, mari kita simak bagaimana adab/tata cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar.
Adab/ Tata Cara Membaca Al-Qur’an, diantaranya yakni:

  1. Berwudhulah terlebih dahulu sebelum membaca Al-Qur’an, sebagaimana sebuah keutamaan.
  2. Bacalah Al-Qur’an di tempat yang suci dan bersih.
  3. Luruskan niat dalam membaca Al-Qur’an ; ikhlas karena Allah swt.
  4. Jika ada orang lain sedang melaksanakan ibadah fardhu di dekat kita, misalnya salat, maka pelankanlah suara bacaan Al-Qur’an agar tidak mengganggu kekhusyukan ibadah orang itu.
  5. Bila memungkinkan, bacalah Al-Qur’an dengan menghadap kiblat.
  6. Mulailah dengan membaca ta’awuz, yaitu kalimat:
  7. Dilanjutkan dengan membaca bismilah, yakni kalimat: 
  8.  Bacalah Al-Qur’an dengan tartil, yakni perlahan-lahan agar kalian dapat meresapi dan merenungi ayat-ayat yang tengah dibaca. Membaca Al-Qur’an dengan tartil juga berarti membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah-kaidah yang berlaku dalam ilmu tajwid. Membaca Al-Qur’an dengan Tajwid hukumnya fardu ‘ain. 
  9.  Perlakukan Al-Qur’an dengan sangat baik saat sedang membacanya ataupun tidak. 
  10.  Bila ada keperluan lain saat sedang membaca Al-Qur’an dan kalian hendak mengakhiri bacaan, maka berhentilah pada tempat yang tepat dari ayat yang tengah dibaca.

Yap. Seperti itulah adab/tata cara membaca Al-Qur’an yang baik. Artikel ini cukup ringan namun Si Bocah rasa penting untuk diketahui teman-teman. Insya Allah artikel ini dapat bermanfaat bagi kita sebagai umat Islam yang taat kepada perintah Allah dan mengantarkan kita untuk mendapatkan syafaat Al-Qur’an itu sendiri. Terimakasih buat temen-temen yang sudah mengunjungi blog ini. Jangan lupa untuk membagikan hal-hal yang bermanfaat kepada temen-temen kita yang lain. Akhir kalam dari Si Bocah,Assalamu’alaikum.